Efektivitas Program One Gate, One Billing and One System dalam Pemberantasan Pungli di Pelabuhan

Main Article Content

Haniah Hanafie

Abstract

This research concerns the One Gate, One Billing and One System Program and extortion at the Port. The purpose of this study is to explain the effectiveness of the One Gate, One Billing and One System Program in preventing extortion at Tanjung Priok Port and the inhibiting factors for implementing the One Gate, One Billing and One System Program. A qualitative approach with descriptive data analysis techniques was used in this study. Program effectiveness theory as an analytical framework. Data was collected by interviews, document review and observation. The results of the study show that the One Gate, One Billing and One System Program is not effective in preventing extortion at Tanjung Priok Port. There are cultural factors, weak supervision, the economy and abuse of authority by officers, making eradication of extortion difficult to overcome.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hanafie, H. (2023). Efektivitas Program One Gate, One Billing and One System dalam Pemberantasan Pungli di Pelabuhan . JRP (Jurnal Review Politik), 13(2), 278–193. https://doi.org/10.15642/jrp.2023.13.2.278-193
Section
Articles

References

Berlian. “Perbaikan Pelayanan Publik di Pelabuhan Laut Utama Terkait Upaya Percepatan Dwelling Time”. Majalah Dermaga. Edisi 263, Juli 2021.

Budiani, Ni Wayan. “Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar”. Jurnal Ekonomi Sosial. Vol. 2 No. 1, 2007.

Catalya, Putri. “Analisis Keefektifan Upaya Pemerintah Daerah dalam Membangun Sistem Pengendalian Korupsi (Studi Kasus pada Pemerintah Kota Bekasi)”. Accounting and Business Information Systems Journal. Vol. 7 No. 4, 2019.

Edy, Husain Hamka, dan Syamsuddin Maldun. “Implementasi Kebijakan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar”. Jurnal Paradigma. Vol. 1 No. 1, 2018. http://bit.ly/AppsBisniscomPS

https://www.logistiknews.id/2022/01/22.

https://www.jict.co.id/index.php/vessel-schedule, 2022.

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE UGM.

Hot, Ibrahim. Rahasia di Balik Sapu Bersih Pungli. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Ibrahim, Ridwan Ali, Muhammad Yamin Lubis, dan Marzuki. “Pelaksanaan Fungsi dan Tugas Satuan Tugas Saber Pungli Kota Medan Berdasarkan Keputusan Wali Kota Medan Nomor 352/963.K/2016 Tentang Unit Kelompok Saber Pungli Kota Medan”. Jurnal Hukum Kaidah. Vol. 17 No. 3, 2018.

Inpres No. 5 Tahun 2020 Tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

IPC. “IPC Terminal Peti Kemas Tanjung Priok”. https://ipctpk.co.id/area-tanjung-priok/, diakses pada 15 Maret, pukul 21:58 WIB.

Jakarta International Container Terminal. “About JICT”. https://www.jict.co.id/index.php/article/128, diakses pada 10 Oktober 2021, pukul 14:47 WIB.

Jakarta International Container Terminal. “Online Services”. https://www.jict.co.id/index.php/vessel-schedule, diakses pada 26 April 2022, pukul 21:11 WIB.

Job, Martinus. “Digitalisasi Pelabuhan Tanjung Priok Uji Coba Auto Gate System”. https://indoshippinggazette.com/2018/digitalisasi-pelabuhan-tanjung-priok-uji-coba-auto-gate-system/, diterbitkan pada 8 Juni 2018, diakses pada 21 Oktober 2021, pukul 19:15 WIB.

Keliat, Chairunnisa Br. “Kebijakan Pidana dalam Penanggulangan Pungutan Liar Pembuatan Kartu Tanda Penduduk oleh Oknum Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Studi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Asahan)”. Jurnal SOMASI (Sosial, Humaniora, dan Komunikasi). Vol. 1 No. 1, 2020.

Lubis, Solly. Kebijakan Publik. Bandung: CV. Mandar Madju 2007.

Mutiarin, Dyah dan Arif Zainudin. 2014. Manajemen Birokrasi dan Kebijakan. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Panggulu, Yosua T. 2013. Efektivitas Kebijakan Retribusi Pada Dinas Pengelolaan Pasar Kebersihan Dan Pertamanan Di KabupatenKepulauan Talaud. Journal Volume Ii. No. 4. Tahun 2013.

Pelindo. “Pelabuhan Tanjung Priok”. https://pelindo.co.id/port/pelabuhan-tanjung-priok, diakses pada 15 Oktober 2021, pukul 19:29 WIB.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 51 Tahun 2021 tentang Prosedur dan Tata Cara Pelaksanaan Verifikasi Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan.

Rasban, Supardji. “Pungli di Masa Pandemi Covid-19 Capai 1.200 Kasus”. https://mediaindonesia.com/nusantara/397131/pungli-di-masa-pandemi-covid-19-capai-1200-kasus, diterbitkan pada 11 April 2021, diakses pada 15 Oktober 2021, pukul 13:38 WIB.

Steers, Richard M. 1985. Efektivitas Organisasi. Terj. Magdalena Jamin. Jakarta: Erlangga.

Syarbaini, Syahrial, dkk. Sosiologi dan Politik. Bogor: Ghania Indonesia, 2004.

Tampubolon, Manahan P. “Perilaku Keorganisasian”. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2007.

Wamad, Sudirman. “Sepanjang 2021, Kasus Pungli Didominasi Sektor Pelayanan Publik”. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5742382/sepanjang-2021-kasus-pungli-didominasi-sektor-pelayanan-publik, diterbitkan pada 27 September 2021, diakses pada 15 Oktober 2021, pukul 14:34 WIB

Wibawa, Samodra, Arya Fauzy, dan Ainun Habibah. “Efektivitas Pengawasan Pungutan Liar di Jembatan Timbang”. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Vol. 12 No. 2, Januari 2013.

Wawancara dengan Bagoes. Supervisor Pelindo Regional 2 Tanjung Priok. Pada tanggal 3 Juni 2022, pukul 10:00 WIB, di Kantor Pelindo Regional 2 Tanjung Priok.

Wawancara dengan Dodi. Sopir Truk. Pada tanggal 13 Maret 2022, pukul 10:30 WIB, di Kedai Kopi Lain Hati Kramat Jaya.

Wawancara dengan Endang Riyani. Direktur PT. Sumatera Jawa Line. Pada tanggal 18 Maret 2022, pukul 15:00 WIB, di Kantor PT. Sumatera Jawa Line.

Wawancara dengan Imam Alghifahri. Sopir Truk. Pada tanggal 13 Maret 2022, pukul 11:40 WIB, di Kedai Kopi Lain Hati Kramat Jaya.

Wawancara dengan Lister M. Gurning, S. SiT., M. M.Tr, Kepala Seksi Fasilitas dan Pengawasan Operasional Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok. Pada tanggal 30 Juni 2022, pukul 09.50 WIB, di Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok.

Wawancara dengan Dimas (nama disamarkan atas permintaan narasumber). Pekerja Lapangan (Krani) Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Priok. Pada tanggal 08 Juni 2022, pukul 19:40 WIB, melalui Zoom.

Wawancara dengan Sholeh. Tim Single Truck Identification Data. Pada tanggal 3 Juni 2022, pukul 09:00 WIB, di Kantor Single Truck Identification Data (STID).