Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL

Artikel merupakan kajian politik dan atau politik Islam yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik cetak maupun online. Artikel dikirim ke: jurnal.reviewpolitik@gmail.com dalam format Ms. Word/Rtf dan via OJS di http://http://jurnalfuf.uinsby.ac.id/

FORMAT PENULISAN

1. Artikel diketik menggunakan ukuran kertas A4 dengan spasi 1,5 cm, kecuali kutipan langsung, wawancara, dan terjemahan ditulis satu spasi. Jenis huruf century schoolbook ukuran 11.

2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali artikel yang ditulis dalam bahasa asing.

3. Panjang artikel tidak lebih dari 7000 kata (tidak termasuk daftar pustaka). Pada halaman depan memuat judul artikel, nama penulis (tanpa gelar akademik), alamat institusi, email, abstrak, dan kata kunci.

4. Abstrak ditulis dalam dwi bahasa (bahasa Indonesia dan Inggris) dengan satu spasi dan satu paragraf (panjangnya ± 120 kata).

5. Artikel meliputi (selain pada poin 3) pendahuluan (yang mencakup salah satu dari permasalahan tema tulisan, ruang lingkup dan atau metode penelitian yang disajikan dengan ringkas dan padat), pembahasan, penutup, dan daftar rujukan.

6. Sumber kutipan dalam teks ditulis dengan model bodynote, yaitu ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, koma, tahun terbit, titik dua dan nomor halaman. Catatan kaki dibolehkan hanya untuk memberi penjelasan bukan untuk kutipan atau rujukan buku.

Contoh:

Model Bodynote 1

Termasuk dalam kategori ini antara lain adalah organisasi non-pemerintah yang bergerak dalam reformasi hukum (LBH), perlindungan lingkungan, dan pembangunan alternatif bagi komunitas tertentu (Aspinal, 2004: 71-72).

Model Bodynote 2

Menurut Mohammedy (2016: 260), yang dimaksud dengan khilafah adalah kepemimpinan mendunia tanpa ada batas negara nation state.

Catatan Kaki

1Lihat lebih jauh dalam kajian sufistik, dan bandingkan juga dengan wacana tasawuf negatif Khomaeni.

  Model Penulisan untuk:

a) Kutipan langsung:
Bourdieu dalam bukunya Practical Reason on the Theory of Action (1998: 75),“That is what I meant in speaking of interest: games which matter to you are important and interesting.”

b) Wawancara:
 Hal itu menjadikan tim jurnal JRP harus menyelesaikannya, Anas menjelaskan,
 “Dalam waktu yang pendek, kita harus tancap gas agar bisa menuntaskan artikel.” (Anas, Wawancara, 26 maret 2016)

c) Kitab suci:

Al-Qur’ãn dan Injil, QS. Al-Fãtihah (1): 4; Perjanjian Baru, Yoh. 20: 32.

d) Terjemah dari Hadis;
     Nabi bersabda,
     “Ya Allah kasihilah para khalifahku (tiga kali). Sahabat bertanya, “Ya Rasulullah siapakah  khalifahmu?” (HR. Muslim).

e) Internet:
    Diskursus di atas adalah bagian dari penggalan kalimat yang dilontarkan oleh Ainur Rofiq al-Amin.  (http://www.muslimedianews.com/Ainur_ Rofiq_page.html, akses 15 Juni 2010).

f) Jurnal
    ...... (Nurhayati, Jurnal Review Politik, Vol 4, No. 1, Juni 2014: 25-26).

7. Daftar rujukan ditulis alphabetis sesuai dengan nama akhir (tanpa gelar akademik), baik penulis asing maupun penulis Indonesia.

Contoh:

Dari Buku, Disertasi, dan Tesis:

  1. Sheikh, Naveed. 1992. The New Politics of Islam. London: Routledge.

Feith, Herbert dan Castle, Lance. 1998. Pemikiran Politik Indonesia 1945-1965. Jakarta: LP3ES.

Olsaretti, Serena. 2006. “Justice, Luck and Desert”, dalam The Oxford Handbook of Political Theory. Ed. Dryzek, John S.  et al. Second Edition. New York: Oxford University Press.

Nurhayati, Aniek. 2012. “Konstruktivisme Pesantren Modern Minhajul Muna pada Masyarakat Pedesaan Dusun Sambi Kecamatan Ngrayun  Kabupaten Ponorogo”. Disertasi Universitas Brawijaya.

Dari Jurnal:

 Al-Amin, Ainur Rofiq. September, 2013.  “Demokrasi Perspektif Hizb al-Tahrir versus Religious Mardomsalari ala Muslim Iran,” Jurnal Islamica  vol. 8 no. 1, 28-58.

Abdi, Supriyanto. 2009. “Islam and (Political) Liberalism: A Note on an Evolving Debate in Indonesia”. Journal of Indonesian Islam. http://ejournal.sunan-ampel.ac.id/index.php­/JIIS/­article/view/416 (diakses pada 31 Maret 2011)

Dari majalah, makalah, koran, dan internet:

Muhammad, Goenawan. 2011. “Negara Tanpa Batas”. Tempo, 1-8 Maret, 18

Maridjan, Kacung. 2016. “Oposisi dan Demokrasi Kita”. Kompas, 25 Februari 2016, 6.

Nurhayati, Aniek.Analisis Gender”, Makalah Seminar dan Workshop Sensitivitas Gender. Surabaya. 08-09 September 2009.

http://www.muslimedianews.com/2013/12/ainur-rofik-al-amin-mantan-hti-yang.html (1 Maret 2016).